Bagian Pemerintahan mendukung kebijakan Walikota Banjarmasin dalam rangka Kota Banjarmasin menuju Smart city diantaranya membangun infrastruktur agar seluruh Kelurahan  Se-Kota Banjarmasin bisa terkoneksi internet, untuk tahun 2016 dilaksanakan di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Banjarmasin Tengah dan Kecamatan Banjarmasin Barat serta 21 Kelurahan di Kecamatan tersebut, dan sampai dengan Maret 2017 Bagian Pemerintahan sudah berhasil mengkoneksikan 36 Kelurahan di 5 Kecamatan. direncanakan secara bertahap pada tahun 2017 ini bisa mengkoneksikan 52 Kelurahan di 5 Kecamatan



Untuk memaksimalkan pelayanan kelurahan kepada warga Kota Banjarmasin maka dibuatkan Aplikasi PALUI (Pelayanan Administrasi Kelurahan Terintegrasi), data kependudukan masing-masing Kelurahan terintegrasi secara online dengan database warga di Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil sehingga pelayanan di kelurahan bisa dilaksanakan secara cepat dan tepat.
Upaya Pemko Banjarmasin memangkas birokrasi terus di lakukan. Bahkan pada hari selasa tanggal 4 April 2017 diluncurkan pembuatan akta kelahiran di kelurahan, sehingga warga disana tidak harus ke kecamatan dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil.  Tujuan di lakukan perluasan jaringan pembuatan akte kelahiran sekarang ini karena Pemerintah Kota Banjarmasin mulai mengembangkan beberapa program baru, seperti halnya program yang baru di lakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin. Program tersebut berupa pengurusan akte kelahiran di kelurahan masing-masing yang disinergikan dengan jaringan internet yang telah dibangun Bagian Pemerintahan di Kelurahan.
                “Peluncuran ini kali pertama pelayanan di kelurahan Sungai Andai merupakan uji coba yang pertama kali dilakukan  guna meningkatkan antusias serta kesadaran masyarakat untuk membuat akte kelahiran, Ujicoba tersebut di lakukan selama satu bulan penuh dan rencana kedepan akan di laksanakan diseluruh kelurahan di Kota Banjarmasin
          Bahkan direncanakan Aplikasi PALUI (Pelayanan Administrasi Kelurahan Terintegrasi) akan dikembangkan lagi dengan bekerjasama OPD lain seperti :
a)    Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil : Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK)
b)    Dinas Bagian Hukun dan Dinas Kominfo : Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH)
c)    Badan Keuangan Daerah : Pajak Bumi Bangunan;
d)    Dinas Kesehatan : Data warga yang terlayani dibidang kesehatan;
e)    Laporan Kelurahan elektronik; dan
f)     Email Kelurahan


Hal ini untuk mewujudkan visi misi Walikota Banjarmasin
Axact

Bagian Pemerintahan

Semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi Anda, terima kasih. #Admin

Post A Comment:

0 comments: