Dalam Mewujudkan Pemerintahan yang baik dan profesional dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota banjarmasin tidak bisa melakukannya secara sendirian, tetapi harus berkolaburasi secara aktif antara Pemerintah Kota Banjarmasin dengan seluruh lapisan masyarakat di Kota Banjarmasin. Bagian Pemerintahan Setdako Banjarmasin sebagai salah satu unsur Perangkat Daerah mempunyai kewajiban untuk memantapkan salah satu program prioritas Pemerintah Kota tersebut, banyak hal yang bisa dilakukan oleh Daerah terkait dengan penyelenggaraan reformasi dalam upaya peningkatan kinerja pemerintah dan terwujudnya transparansi dan akuntabilitas kebijakan pengelolaan keuangan daerah , semua itu dilakukan dalam rangka mewujudkan daerah yang mandiri, memiliki daya saing dan masyarakat yang sejahtera.
Berkaitan dengan aspek stratejik organisasi dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik, Bagian Tata Pemerintahan Setdako Banjarmasin yang dipimpin oleh 1 (satu) orang Kepala Bagian yang memiliki 3 (tiga) sub bagian, yaitu :
  1. Sub Bagian Pemerintahan Umum dan Otda;
  2. Sub Bagian Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan; serta
  3. Sub Bagian Kerjasama.
Dengan Tugas Pokok dan fungsi sebagai berikut :
  1. Kepala Bagian Pemerintahan Setdako Banjarmasin mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan dan data pembinaan pemerintahan umum, pelaksanaan pemerintahan kelurahan dan pertanahan.
Adapun uraian tugas dimaksud adalah sebagai berikut :
  • Merumuskan rencana kerja Bagian sebagai pedoman/acuan pelaksanaan tugas;
  • Menyusun program, mengatur dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian sesuai prosedur untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Mendistribusikan tugas kepada bawahan dengan memberikan disposisi pada naskah dinas sesuai bidang tugas agar pekerjaan terbagi habis
  • Mengkoordinasikan kegiatan bawahan dalam rangka memadukan rencana kegiatan masing-masing Sub Bagian agar terjalin kerjasama dan kesatuan tindakan dalam melaksanakan tugas;
  • Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan agar diketahui permasalahan dan upaya pemecahan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Mengumpulkan bahan, melaksanakan kegiatan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Menyusun program, mengatur dan mengawasi terselenggaranya penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum;
  • Menyusun program, mengatur dan mengawasi serta mengkoordinasikan terselenggaranya pengumpulan bahan dan penyusunan pedoman serta petunjuk teknis pembinaan penyelenggaraan administrasi Kerjasama;
  • Menyusun program, mengatur dan mengupayakan pemecahan terhadap permasalahan yang berhubungan dengan penyelenggaraan pemerintahan umum dan otonomi daerah serta Kerjasama;
  • Mengumpulkan bahan-bahan dan menyusun laporan pertanggung-jawaban Walikota;
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Asisten Bidangan Pemerintahan dan Sosial.
Axact

Bagian Pemerintahan

Semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi Anda, terima kasih. #Admin

Post A Comment:

0 comments: