Untuk dapat menjadi seorang pegawai negeri sipil di Indonesia, seseorang harus melewati seleksi masuk yang dinamakan tes kompetensi dasar. Tes ini diselenggarakan berdasarkan izin Kementerian Pendayagunaan aparatur negara sebagai pihak yang berwenang mengatur jumlah kebutuhan aparatur negara disemua kementerian dan lembaga. Sekarang tes CPNS menggunakan tes berbasis komputer/Computer Assited Test(CAT). Sistem CAT ini, para peserta akan mengerjakan soal tes melalui komputer. Kemudian jawaban akan langsung masuk ke basis data server.

Pemerintah wajib menyediakan sarana pendukung komputer dan aplikasi khusus CAT untuk melaksanakan perekrutan pegawai melalui sistem ini. Salah satu kelebihan CAT adalah penyelenggaraan tes tidak harus serentak, karena nantinya jika semua pendukung telah siap, setiap instansi yang membutuhkan pegawai dapat membuka lowongan kapan saja sesuai kebutuhan dan tentunya izin KEMENPAN.

Materi Tes CPNS

Materi yang diujikan di Seleksi CPNS terdiri dari Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang.
Tes Kompetensi Dasar terdiri dari tiga jenis tes yaitu Tes Kepribadian, Tes Intelegensia Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan. Sedangkan untuk materi Tes Kompetensi Bidang disesuaikan dengan tiap profesi.

Tes Karakteristik Pribadi berisi materi seputar integritas, semangat berkarya, kreativitas dan inovasi, orientasi dan pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerjasama dengan kelompok, dan kemampuan menggerakan dan mengkoordinasikan orang lain.

Tes Intelegensia Umum berisi materi yang berhubungan dengan kemampuan verbal, numerik, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis.

Tes Wawasan Kebangsaan berisi materi seputar pilar kebangsaan( Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indononesia, Undang-undang dasar 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika). Selain itu materi yang mungkin diujikan adalah seputar sejarah Indonesia, dan kebijakan publik.

Untuk Materi Tes Wawasan Kebangsaan ini blog ini memiliki beberapa materi yang mungkin berguna sebagai bahan pembelajaran untuk mempersiapkan tes CPNS.
Berikut Link Materi TWK Pilar Kebangsaan


Semoga Sukses!!!!!
Axact

Bagian Pemerintahan

Semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi Anda, terima kasih. #Admin

Post A Comment:

0 comments: